Pesan Lingkungan Karnaval Agustusan

SEBENARNYA tak ada yang benar-benar baru. Dari dulu, selalu ada marching band pelajar, kelompok seni tradisional, serta putra-putri berpakaian daerah maupun yang bergaya a la petani. Dari dulu juga ada badut dan kendaraan hias. Tapi kemarin, ada yang menyelipkan pesan lingkungan dalam karnaval Agustusan.

Sahrudin, MagelangImages

IMG_4931aa

Spyder, mobil berbahan bakar gas elpiji, hasil kerjasama PT. Putra Agung Setia (Karoseri Agustus) dengan SMK Negeri 1 Magelang, dalam karnaval Agustusan Kota Magelang, Sabtu (24/8/13) siang.

Mobil berwarna merah menyala itu bernama Spyder. Ia memang seperti laba-laba. Setidaknya, kepala mobil yang berada di tengah-tengah body, mengingatkan kita pada kepala laba-laba yang menonjol diantara kaki-kakinya.

Diantara puluhan kendaran roda empat dan ratusan sepeda motor, Spyder turut dalam pawai pembangunan Kota Magelang, Sabtu (24/8/13) siang. Mobil yang tercipta dari hasil kerjasama PT. Putra Agung Setia (Karoseri Agustus) dengan SMK Negeri 1 Magelang itu, menjadi ikon Kantor Penelitian Pengembangan dan Statistik Kota Magelang.

Tak seperti mobil lain yang dihias dengan aneka macam bunga, Spyder justru ditampilkan apa adanya. Sebab memang bukan keindahan yang hendak dipertontonkan, melainkan inovasi bahan bakar yang digunakan.

Ia memakai BBG (Bahan Bakar Gas) berupa Liquefied Petroleum Gas atau elpiji, bukan BBM (Bahan Bakar Minyak) seperti premium maupun solar. Mobil ini pernah dipacu dari Magelang ke Malang, Jawa Timur. Ia cuma menghabiskan 12 kilogram elpiji. Jarak Magelang-Malang sekitar 400 kilometer.

IMG_4932aaSpyder memang bukan satu-satunya. Tahun lalu, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang juga meluncurkan penemuan serupa. Di Jambi, sejumlah siswa SMK membuat mobil dan motor yang lebih ramah lingkungan seperti itu.

Beberapa produk aksesoris Spyder yang dibuat di Magelang, meliputi engsel (door hinge covers), dudukan lampu depan (frontside maker light) serta lampu belakang (rearside maker light). Aksesoris lokal lainnya, tutup bensin (auxiliary fuel bezel kit) dan engine Rusnas (Riset Unggulan Strategis Nasional) dari BPPT.

Ajakan ramah lingkungan dalam karnaval Agustusan Kota Magelang, juga datang dari komunitas onthel. Puluhan anggotanya, hampir semuanya anak muda, terlihat setia menuntun sepeda masing-masing. Kebanyakan mengenakan surjan lurik khas Jogja. Tampaknya mereka hendak mengampanyekan dua hal sekaligus: berkendara bebas emisi, juga mempertahankan budaya lokal.

Warga Kelurahan Tidar Utara, Magelang Selatan, tak mau ketinggalan. Mereka memasang banner bertulisan “Save Our Earth” pada bumper Daihatsu Zebra yang dipakai dalam karnaval. Di atas mobil pick-up merah itu, terdapat replika raksasa Buto Ijo yang sedang menggenggam benda bulat, mirip bumi.

Secara umum, lewat pawai Agustusan Sabtu siang itu, Kota Magelang seolah terus berusaha mengokohkan kedudukannya sebagai Kota Sejuta Bunga. Lebih dari 60 mobil, dihias dengan aneka kembang. Ada bunga betulan, banyak pula yang dibikin dari kertas. Warna-warni.

IMG_4903aaaDi atas macam-macam mobil hias itu, seperti biasa, duduk sepasang muda-mudi berpakaian daerah. Seperti pengantin.

Penonton memanggil nama-nama selebriti karnaval yang melintas di hadapan mereka, yang kebetulan mereka kenal. Dan yang merasa namanya dipanggil, membalasnya dengan senyum dan lambaian tangan.

Di kota ini, tentu juga di tempat lain, karnaval Agustusan selalu menyita perhatian warganya. Orang rela berpanas-panas dan empet-empetan, demi menonton pawai yang sudah tiga tahun tidak diadakan itu. Di sepanjang Jalan Pemuda atau Pecinan, di sekitar alun-alun, ribuan manusia sudah menyemut sejak dzuhur berlalu.

Tempat parkir penuh. Halaman rumah, jalanan dan gang-gang kampung yang dekat dengan pusat kota, jadi tempat parkir dadakan. Penjual makanan dan minuman menangguk rejeki, berkali-kali lipat ketimbang hari biasa…***

One response to “Pesan Lingkungan Karnaval Agustusan

  1. Salam kenal, mantap nih pesan pesan karnapalnya, semoga dapat di tanggkap sama seluruh dunia tentang pesan pesanya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s