Jadi Kepala Dusun, Diarak Keliling Kampung

Photo by Sahrudin

Wahyudi Sujarwo diarak keliling kampung oleh para pendukungnya, begitu terpilih menjadi Kepala Dusun Seneng II, Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Pria yang kerap disapa Bejo ini mengantongi 449 suara, sementara rivalnya 307 suara.

BEGITU terpilih menjadi kepala dusun, Wahyudi Sujarwo langsung diarak keliling kampung oleh para pendukungnya. Pria yang kerap disapa Bejo ini didaulat berdiri diatas bak mobil pick up, bersama-sama penabuh gamelan dari Kelompok Kuda Lumping “Turangga Beksa”. Mereka mengitari jalan-jalan di Dusun Seneng II, Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Minggu sore (17/10).

Kendati hanya pawai kemenangan seorang kepala dusun, namun warga tetap terlihat antusias. Lambaian tangan Bejo dari atas mobil, disambut teriakan ucapan selamat dari para pendukung maupun warga lainnya. Dalam pemilihan Kepala Dusun Seneng II kemarin, Bejo berhasil meraup 449 suara. Sedangkan rivalnya, yaitu Bambang Eko Irianto dari Perumahan Lembah Hijau, harus ikhlas menerima 307 suara saja.

“Saya akan jalankan tugas sebaik-baiknya,” kata Bejo, begitu mengetahui dirinya mendapat perolehan suara lebih banyak. Dalam pemilihan kepala dusun tersebut, dari 1.239 jumlah pemilih, tercatat hanya 764 warga yang menggunakan hak suaranya. Sebanyak 8 suara diantaranya dinyatakan tidak sah.

Pada hari yang sama, pemilihan kepala dusun juga berlangsung di Dusun Seneng I, Desa Banyurojo. Sebanyak 4 kandidat bersaing menjadi pimpinan dusun, masing-masing Sukiswanto, Musanto, Rumadi dan Sujarko.

Setelah sejam lebih dilakukan penghitungan suara, Musanto akhirnya terpilih menjadi Kepala Dusun Seneng I. Pria yang juga aktivis LSM Dewan Kesehatan Rakyat Magelang ini, sukses mengantongi 334 suara. Angka tersebut jauh melampaui perolehan ketiga pesaingnya, yakni Sukiswanto (214), Sujarko (213) serta Rumadi yang hanya mendulang 44 suara.

Jumlah warga yang terdaftar dalam pemilihan Kepala Dusun Seneng I tercatat 1.045 orang. Namun, yang hadir dan ikut menyoblos hanya 823 orang. Sebanyak 18 surat suara dinyatakan rusak dan tidak sah.

Photo by Sahrudin

Para calon Kepala Dusun Seneng I, Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Musanto (2 kiri) akhirnya terpilih menjadi Kepala Dusun, setelah berhasil mendulang 334 suara.

Di Dusun Kranggan, Desa Banyurojo, pemilihan kepala dusun dilaksanakan di SDN Banyurojo III. Para calon yang bersaing adalah Dwijo, Affandi dan Eko Nugroho. Penghitungan suara yang dilakukan panitia bersama sejumlah saksi, menetapkan Affandi sebagai pemenang dalam pemilihan kepala dusun. Ia mendapatkan 380 suara, sedangkan Dwijo dan Eko Nugroho hanya memperoleh 174 dan 173 suara. Dari DPT (daftar pemilih tetap) 1.017 orang, hanya 727 warga yang menggunakan hak pilihnya. Sementara 17 surat suara dinyatakan rusak.

Panjang Sutopo, Ketua Panitia Pengisian Perangkat Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan menuturkan, pihaknya memastikan pemilihan 3 kepala dusun tersebut berangsung jujur dan adil. “Saya jamin, tidak ada kecurangan dalam bentuk apapun,” tandas Sutopo, di ruang kerjanya. Dalam setiap undangan dan surat suara yang digunakan para pemilih, terdapat tanda-tangan Sutopo dengan tinta warna biru.

Dia menambahkan, pelaksanaan Pengisian Perangkat Desa Banyurojo sepenuhnya didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, sebesar Rp 11 juta. “Dana itu termasuk untuk seleksi Kepala Urusan Pemerintahan, Kepala Urusan Umum dan Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Desa Banyurojo, yang berlangsung seminggu sebelum pemilihan kepala dusun ini,” ujar Sutopo.[Sahrudin]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s