Roy Jeconiah: Magelang Edaaan!!!

Magelang Boomers Roy Jeconiah Boomerang

TUJUH TAHUN. Aksi Roy Jeconiah di lapangan drh Soepardi Mungkid, Kabupaten Magelang, Sabtu (11/6/2011) malam. Ini merupakan penampilan pertamanya di Magelang, setelah konser bersama Boomerang pada Rabu, 25 Februari 2004 silam, di Stadion Abu Bakrin Kota Magelang.

“MAGELANG memang edaaan!!!” Sontak, teriakan Roy Jeconiah Isoka Wurangian itu membuat ribuan Boomers (penggemar fanatik Boomerang) bagai kesetanan. Sandal dan botol air mineral beterbangan. Koor menggema dari tengah lapangan drh Soepardi Kota Mungkid. Tapi, show yang digelar rokok Apache, Sabtu (11/6/2011) malam itu tetap berlangsung tertib.

SAHRUDIN, Magelang

Sebenarnya, nyaris tak pernah ada keramaian berarti di sepanjang Jalan Letnan Tukiyat, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, sekalipun pada setiap akhir pekan.

Yang seringkali terlihat hanyalah anak-anak muda berpacaran, atau main laptop dengan koneksi hotspot gratis dari Telkom Mungkid di lapangan drh Soepardi. Namun, Sabtu malam itu, suasana benar-benar berbeda.

Kemacetan sudah terasa selepas pukul 19.00 WIB.  Kendaraan roda empat bernomor polisi H, AB, AD, bahkan R dan K, berjejer di depan Kantor Badan Pertahan Nasional Kabupaten Magelang, hingga tepian jalan di muka Pengadilan Negeri Kota Mungkid.

Seperti itu pula yang tampak di sisi barat Jalan Letnan Tukiyat, di sekitar Museum Haji Widayat dan Taman Wisata Mendut.

Boomerang Magelang Roy Jeconiah BoomersKeramaian yang terbilang jarang itu, tak lain disebabkan Roy Jeconiah, segera tampil pada pertunjukan yang dihelat rokok Apache. Kendati, Roy tak akan manggung bersama Hubert Henry, Faried Martin dan Andry Franzzy – rekan-rekannya di Boomerang.

Sebelum Roy naik pentas, publik lebih dulu disuguhi goyangan Wiwik Sagita dan Trio Macan Ular, sempalan Trio Macan. Trio Macan Ular yang sekarang terdiri dari Nita Viola, Angel Puspita dan Linda, sudah melejit sejak lima tahun silam, lewat hit mereka “SMS”.

Dulu, tiga dara montok itu kerap tampil bareng seekor ular piton milik Angel Puspita. Wiwik menyanyikan tiga buah lagu, sedangkan Trio Macan Ular menghentak Kota Mungkid dengan lima tembang.

Jelang pukul 21.00 WIB, melalui pengeras suara, host memberi isyarat kepada Roy Jeconiah agar lekas naik panggung. Diiringi dentuman drum grup band Zansibar dari Sumenep, Madura, sesosok pria berambut gondrong terlihat berlari ke atas panggung berukuran tujuh kali 12 meter.

Suami Grace Tulelenan sekaligus mantan kekasih penyanyi jazz Syaharani itu mengobati kerinduan khalayak metal Magelang dengan “Neraka Jahanam”.

Seolah ingin memadukan performance dengan tema lagu yang dinyanyikan, Roy memakai topeng kuning emas tapi menyeramkan, dan tentu saja, pakaian serba hitam.

Neraka Jahanam sebenarnya merupakan lagu lawas yang dipopulerkan oleh Duo Kribo (Ucok Harahap dan Ahmad Albar) di tahun 1977. Oleh Boomerang, tembang yang berkisah tentang ulah setan menyesatkan Adam dan Hawa itu diaransemen lebih liar dan kasar. Dan, memang itulah yang dimaui kuping peminatnya.

Beberapa tembang berikutnya disuarakan Roy, seperti Bawalah Aku, Kehadiranmu, dan hit-hit lain dari beberapa album Boomerang. “Magelang edaaannn…”, begitulah gaya Roy memancing emosi penggemarnya.

Tentu saja, bukan emosi yang berbuntut amarah, melainkan kegilaan pada sosok vokalis kelahiran 6 November 1969 itu.

Tiap ganti tembang, Roy selalu salin kostum, di samping salon di sisi timur panggung. Usai melepas topeng, ia pakai topi cowboy doreng, lalu penutup kepala khas Suku Indian hingga penutup muka ala Zorro. Ada tato tulisan nama isterinya, Grace, di lengan kanan Roy.

Entah berapa belas ribu penonton yang memadati lapangan drh Soepardi Sabtu malam itu. Roy menyebut Boomers berdatangan dari beberapa daerah, seperti Jogjakarta, Semarang, Solo, Ambarawa berikut kota/kabupaten lain di Jawa Tengah. Dari atas panggung, ia melihat jelas bendera-bendera Boomers dari tiap-tiap daerah.

Roy Jeconiah terakhir tampil bersama Boomerang di Magelang, tahun 2004 lalu. Waktu itu, lead guitar masih dipegang John Paul Ivan, yang kemudian hengkang dari Boomerang pada 12 Juni 2005. (*)

3 responses to “Roy Jeconiah: Magelang Edaaan!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s