Tak Ada Kata Telat Merayakan Agustusan

IMG_7615a

IMG_7657aKarnaval pembangunan menyambut HUT RI ke-68 di Muntilan, Kabupaten Magelang, berangsung pada Rabu (28/8/13). Beragam perlombaan, terutama di kampung-kampung, masih bisa dijumpai di pekan terakhir Agustus. Di Alun-alun Kota Magelang, keramaian di penghujung bulan ke delapan ini, justru makin menarik antusiasme ribuan warga.

——————

SEEKOR “harimau” besar tiba-tiba mengamuk. Warga yang berada di dekatnya, melangkah mundur. Ada yang lari tunggang-langgang. Seorang balita ketakutan, lalu menangis sejadi-jadinya.

IMG_7564aMacan loreng raksasa itu, tentu bukan binatang buas sungguhan. Ia hanyalah sebuah boneka setinggi kira-kira 2 meter, dengan panjang hampir 5 meter.

Karya pemuda Dusun Santren, Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan itu dipertontonkan dalam karnaval budaya di Muntilan, Rabu (28/8/13) sore.

Harimau palsu itu dilengkapi dengan beberapa buah roda di bagian bawah untuk mempermudah pergerakannya. Agar tampak alami, dedaunan ditumpuk diantara kaki-kaki si raja hutan.

IMG_7605a“Macan ngamuk, awas minggir”, teriak sejumlah pemuda, mengingatkan penonton yang berjejer di sepanjang jalan. Para pemuda itu tergabung dalam AMS (Angkatan Muda Santren), pembuat sekaligus “pawang” harimau buatan.

Pawai yang sempat membuat macet Jalan Pemuda Muntilan itu juga diwarnai fashion show unik. Peragawan dan peragawatinya, murid-murid dan guru SD Terpadu Maarif Gunungpring. Busana yang mereka pamerkan, terbuat dari aneka plastik dan bungkus berbagai produk.

IMG_7651aKemeriahan parade Agustusan ini, dilengkapi pula dengan partisipasi anak-anak muda penggemar sepeda. Mereka yang tergabung dalam MLSR (Muntilan Last Saturday Ride), menurunkan sejumlah onthel, BMX dan low rider. Dua sepeda diantaranya memiliki ukuran setang setinggi kira-kira 1,5 meter.

“Berilah Kami Ruang, Juragan! Bebas Polusi dan Polisi”, begitu bunyi tulisan pada karton yang ditempel di setang kedua sepeda itu.

Pawai juga diwarnai pertunjukan drumband pelajar, Pramuka, parade pakaian daerah, hingga atraksi pencak silat dan beragam kesenian tradisional.

IMG_7632aForum Komunikasi Ojek Muntilan ikut meramaikan acara. Dusun Santren, Desa Gunungpring, menyumbangkan beberapa kelompok peserta, termasuk “pocong” pengendara motor.

Karnaval yang diadakan untuk memperingati HUT RI ke-68 itu, mampu menyedot antusiasme warga. Ribuan orang berjejal dan memadati trotoar pertokoan, sampai tangga dan lantai atas Pasar Muntilan.

Polisi, aparat TNI, petugas dari Dinas Perhubungan, dibantu sejumlah elemen masyarakat, sibuk mengatur kendaraan yang merambat di jalan penghubung Yogyakarta-Magelang itu.***

(Sahrudin/MagelangImages)

One response to “Tak Ada Kata Telat Merayakan Agustusan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s