Pilih Amerika atau Inggris? #2

Contoh perbedaan kosakata antara British English dengan American English. Kredit poster: Bored Panda

Contoh perbedaan kosakata antara British English dengan American English. Kredit poster: Bored Panda

 

By: @SahrudinSaja

KITA lanjutkan ya posting tentang American English dan British English.

Sebelumnya, kita sudah bahas beberapa perbedaan diantara Bahasa Inggris versi Amerika dengan Bahasa Inggris versi Inggris. Nah, sekarang kita tambah lagi perbedaan lain, yakni mengenai spelling atau pengucapan.

Di Amerika, cukup jarang sebuah kata berakhiran dengan “re”. Ini, berkebalikan dengan vocabularies di Brits English. American English bilang “meter”, sedangkan British English memilih “metre”. Seperti itu pula halnya dengan “center” menurut USA, dan “centre” untuk UK; “fiber” di Amerika dan “fibre” di Inggris; “liter” menurut American English dan “litre” menurut Brits English .

Pembicara asli di Amerika juga kerap memangkas huruf “u” dari sejumlah kata Brits English, seperti: flavour menjadi flavor; colour menjadi color; behaviour menjadi behavior; humour menjadi humor; neighbour menjadi neighbor; dan lain sebagainya.

Pemangkasan huruf oleh American English dari Brits English pun terjadi pada kosakata-kosakata lain, contoh: leukemia dari leukaemia; estrogen dari oestrogen; maneuver dari manoeuvre; pediatric dari paediatric; dan, yang lain-lainnya…

(Seperti biasa, oleh sebab kecapekan kerja, saya bisa tiba-tiba sangat suka dengan kata-kata “dan seterusnya”… Ini berarti, masih banyaaak lagi perbedaan dalam spelling antara American English dan British English. Saya beri kesempatan pada Anda untuk mengeksplore lebih dalam dan lebih lanjut lagi mengenai bahasan ini.)

Bagaimanapun, yang paling penting dalam menyikapi perbedaan antara kedua English itu adalah, lancarkanlah dulu Bahasa Inggris Anda, apapun itu, dan jadikan perbedaan-perbedaan tadi sebagai bumbu pengetahuan saja.

Jangan kuatir, dalam banyak ujian, tak akan dipermasalahkan jika anda menjawab dengan American English maupun Brits English…***[magelangdotimagesatgmaildotcom]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s