Humas-humas (KONI) yang Berkinerja Seadanya…

Yana, salah satu atlet junior renang Kabupaten Magelang. KONI setempat sebenarnya bisa saja memberitakan hal-hal sederhana macam ini. Potret: Sahrudin

Yana, salah satu atlet junior renang di Kabupaten Magelang. KONI setempat sebenarnya bisa saja memberitakan hal-hal sederhana macam ini. Potret: Sahrudin

Oleh: @SahrudinSaja

DI MANAKAH di Magelang, baik Kabupaten maupun Kota, warga bisa melihat atlet-atlet kebanggaan mereka berlatih menyelam dan cabang olahraga akuatik lain?

Di mana pula bisa melihat para atlet berlatih: memanah, anggar, bridge, wushu sanda, kempo, dansa, serta cabang-cabang olahraga yang kurang popular lainnya?

(Tentu, yang dimaksud “kurang popular” yaitu jika dibandingkan dengan, misalnya: sepakbola, bulu tangkis, tenis lapangan dan tenis meja, karate, pencak silat dan sebagainya)

Apakah Magelang, entah Kabupaten maupun Kota, punya stok atlet-atlet dayung, kriket, sepak takraw, boling, dan squash?

Demikianlah contoh-contoh pertanyaan, yang mau tidak mau, suka tidak suka, kudu dijawab staf di sekretariat, khususnya Humas KONI di kedua daerah bersaudara itu.

Tapi, apakah mereka, orang-orang KONI di Kabupaten maupun Kota Magelang, sudah memberikan informasi memadai kepada khalayak atas pertanyaan-pertanyaan itu?

Begini, to the point saja, saya pribadi merasa prihatin atas kinerja staf Humas organisasi pembangun prestasi olahraga di daerah di tempat saya tinggal itu. Bahasa yang lebih halus lagi: kinerja mereka perlu lebih ditingkatkan lagi.

Di jaman ini, mestinya siapa pun berhak memperoleh macam-macam informasi dengan mudah. Terkait dengan KONI di daerah, tentu segala informasi mengenai perkembangan dunia olahraga di daerah tersebut.

Begitu pula dengan di Magelang, baik Kabupaten maupun Kota.

Apa susahnya, staf Humas KONI membikin sebuah weblog gratisan, kalau memang mau melakukan efisiensi anggaran dengan tidak membeli domain sendiri, keluar biaya hosting, web desain, dan sebagainya.

Jika tujuannya baik, untuk distribusi informasi, atau meng-update kabar-kabar tentang perkembangan olahraga di wilayah KONI yang bersangkutan, weblog gratisan tentu samasekali tak jadi masalah.

Mungkin, yang jadi masalah adalah kesediaan untuk meluangkan waktu melakukan liputan ke lokasi-lokasi latihan cabang-cabang olahraga yang ada di daerahnya. Mungkin pula, keterbatasan anggaran untuk terjun langsung ke lokasi-lokasi tersebut.

Jika ada kemauan, tentu hambatan-hambatan sepele macam itu tidak sulit diatasi. Justru, yang susah diperbaiki adalah yang berkaitan dengan pola pikir pengurus dan staf Humas itu sendiri.

Contohnya begini: “Ngapain repot-repot liputan, kalau yang diuntungkan cuma yang di atas-atas.”

Menjadi seorang staf Humas, memang agak berbeda dengan staf-staf di bagian lain. Humas yang baik itu perlu punya hobi menulis, memotret, lalu membaginya untuk orang lain.

Kalau Humas hanya bisa membagi informasi secara lisan, tentu persebaran beritanya tak seluas tulisan dan potret yang dibagi melalui media.

Yang perlu dijadikan pegangan di sini ialah, memperoleh informasi dengan mudah, adalah hak setiap warga. Bila prinsip ini benar-benar dipegang dengan baik oleh pengurus maupun staf Humas KONI, tentu tugas-tugas kehumasan tadi akan dikerjakan dengan ringan hati.

Kalau memang masih ada keterbatasan, baik tenaga, peralatan maupun dana, tentu tidak perlu meng-update informasi setiap hari.

Seminggu sekali sudah cukup. Misalnya, minggu ini mengabarkan latihan karate, minggu depan soal renang, minggu berikutnya tentang tenis, dan seterusnya.

Para pengurus KONI di daerah perlulah sesekali membuka website KONI pusat. Di situ banyak contoh mengenai bagaimana tulisan dibuat, berikut foto-fotonya.

Tak perlu mengandalkan sepenuhnya penyebaran informasi di pundak para wartawan media mainstream. Karena mereka juga harus melakukan liputan-liputan lain, selain berita olahraga. Lagipula, halaman atau durasi juga pasti akan sangat terbatas, kan?

Baiklah, mudah-mudahan kinerja pengurus dan staf Humas KONI Kabupaten maupun Kota Magelang bisa lebih baik lagi nantinya. Karena, memang itu tujuan dari tulisan ini dibuat…***[magelangdotimagesatgmaildotcom]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s