Eid al-Adha: Goats, Sheep, Cows, Camels, What Else?

kurban

Poster by: @SahrudinSaja

By: SahrudinSaja

MUSLIMS around the world are preparing to celebrate Eid al-Adha, also known as the Feast of Sacrifice.
Umat Islam di seluruh dunia tengah bersiap merayakan Idul Adha, atau yang disebut juga dengan Hari Raya Qurban.

There have been so many essays written about what Eid al-Adha is.
Sudah ada begitu banyak esai yang ditulis mengenai apa itu Idul Adha.

Therefore, we are going to only take a very “different” look at Eid al-Adha.
Oleh karenanya, kita sekarang hanya akan melihat Idul Adha dari sudut yang “berbeda”.

Yes, we are going to learn English vocabulary relating to Eid al-Adha.
Ya, kita akan mempelajari kosakata bahasa Inggris yang berkaitan dengan Idul Adha.

During the Feast of Sacrifice, Muslims distribute meat of sacrificial animals to those entitled to receive meat.
Pada Hari Raya Qurban, umat Islam membagi-bagikan daging hewan kurban kepada yang berhak menerimanya.

In Indonesia, the sacrificial animals generally consist of goats, sheep, and cattle, and only a small amount of camel meat.
Di Indonesia, binatang-binatang kurban itu umumnya terdiri dari kambing, domba serta sapi, dan hanya sedikit daging unta.

There are conditions and rules must remember of meat and parts of sacrifial animals, for example: “Animals that are apparently blind, apparently ill, apparently lame and those that are so weak as there is no marrow in their bones cannot be sacrificed.”
Terdapat ketentuan dan aturan yang harus diingat menyangkut daging dan hewan qurban, misalnya: “Hewan yang buta sebelah yang jelas butanya, sakit yang jelas sakitnya, pincang yang jelas pincangnya, dan hewan yang sangat kurus seperti tidak memiliki sumsum, tidak dapat dijadikan qurban.”

Well, below you will find vocabulary pertaining to sacrificial animals:
Baiklah, di bawah ini Anda akan temukan kosakata yang berkaitan dengan hewan kurban:

Abattoir/slaughterhouse: tempat penyembelihan/pemotongan hewan atau rumah jagal.
Goats/domestic goats: kambing/kambing Jawa/kambing lokal.
Buck/Billy: kambing jantan.
Doe/Nanny: kambing betina.
Kids/cabrito/capretto: kambing muda, atau daging kambing muda, biasanya berumur dibawah 6 (enam) bulan. Cabrito diambil dari bahasa Spanyol, sementara capretto bahasa Italia.
Chevon: daging kambing dewasa.
Dairy goats: kambing penghasil susu untuk konsumsi manusia. Etawah atau Etawa atau Peranakan Etawa, adalah kambing penghasil susu yang populer di Indonesia. Kambing ini merupakan hasil persilangan antara kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia.
Goats milk: susu kambing. Dibanding susu sapi, kabarnya susu kambing lebih tinggi dalam hal kandungan Vitamin A, Niacin, Choline dan Inositol-nya. Sebaliknya, susu sapi memiliki kandungan Vitamin B6, B12, C dan Carotenoids yang lebih tinggi.
Shepherd: gembala, atau orang yang mempunyai dan memelihara domba. Ada pula istilah shepherder, yang diartikan sebagai orang yang menggembala (angon) domba. Seorang shepherder belum tentu pemilik domba yang ia gembalakan.
Sheep: domba, kambing gibas, atau dalam bahasa Jawa populer dengan sebutan “wedhus gembel”. Secara khusus, kalangan peternak domba mengartikan sheep sebagai domba yang telah berumur satu tahun ke atas, dan sudah beranak.
Lamb: domba berumur kurang dari satu tahun; ada yang membatasi antara 4 (empat) sampai 6 (enam) bulan saja; dan belum beranak. Lamb juga bisa berarti bayi domba.
Ram/buck: domba jantan yang telah dewasa atau siap kawin, berumur minimal 8 (delapan) bulan. Di Inggris, ram juga sering dinamai tup.
Ram lamb: domba jantan remaja.
Ewe/yoe: domba betina.
Ewe lamb: domba betina remaja.
Hogget: domba, atau daging domba yang diambil dari domba berumur antara satu dan 2 (dua) tahun.
Mutton: domba, atau daging domba berumur lebih dari 2 (dua) tahun. Katanya, semakin tua umur domba, semakin gelap warna dagingnya, dan juga makin alot teksturnya.
Gestation: istilah untuk menyebut kehamilan domba.
Lambing/partruition: proses kelahiran lamb atau bayi domba.
Flock: kelompok atau kawanan beberapa ekor domba. Jika domba-domba berkelompok dalam jumlah yang lebih besar, maka istilahnya adalah bands atau mobs.

SECARA umum, kita orang Indonesia akan menggunakan istilah cattle atau cow ketika membahasa-Inggris-kan hewan bernama sapi. Namun, baik untuk kita ketahui beberapa istilah lain, berdasarkan klasifikasi fungsi dan perlakuannya, jenis kelamin serta umur si sapi.

Ox/oxen: sapi pekerja, berkelamin jantan, dewasa, berumur minimal 4 (empat) tahun. Karena berfungsi sebagai pekerja, seekor ox tentunya memiliki tubuh relatif besar. Ox biasanya juga dikebiri, atau dibuang alat kelaminnya. Tujuannya, agar ia tidak bisa bersetubuh dengan sapi betina, sehingga energi atau kekuatannya sepenuhnya terpakai untuk bekerja. Ox yang telah dikebiri juga disebut stag.
Cow: sapi betina dewasa, berumur sekitar 2 (dua) tahun.
Heifer/first-calf heifer: sapi betina yang baru sekali melahirkan.
Calf/calves: bayi sapi, atau anak sapi, atau sapi remaja.
Bull: sapi jantan yang tidak dikebiri.
Bull-calf: sapi jantan muda.
Bullock/steer: sapi jantan yang telah dikebiri, untuk diambil dagingnya. Pengebirian dilakukan bukan agar kuat bekerja sebagaimana ox, melainkan supaya gemuk.
Water buffalo: kerbau, atau kerbau air. Ada 2 (dua) macam water buffalo, yakni kerbau sungai (river buffalo) dan kerbau rawa (swamp buffalo). Di Indonesia, kerbau rawa dapat dijumpai misalnya di beberapa tempat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan.***[magelang.images@gmail.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s